Selasa, 13 November 2012

Proposal Usaha Keripik singkong


BAB 1
A.     Pendahuluan
Keripik singkong merupakan salah satu produk makanan ringan yang banyak digemari konsumen. Rasanya yang renyah dan murahnya harga yang ditawarkan menjadikan produk tersebut sebagai alternatif tepat untuk menemani waktu santai Anda bersama rekan dan keluarga.
Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, kini keripik singkong mulai diinovasikan menjadi keripik pedas dengan beberapa tingkatan level. Meskipun trend tersebut belum lama dikenal masyarakat luas, namun perkembangannya sudah sangat pesat, sehingga banyak produsen keripik singkong mulai beralih jalur dengan menambahkan ekstra pedas pada produk keripik yang diciptakannya.
Sejatinya, produk keripik singkong pedas bukan barang baru bagi masyarakat Indonesia. Namun dengan menambahkan sedikit inovasi dalam hal peningkatan level rasa pedas yang ditawarkan, kini keripik tersebut banyak dicari konsumen dan menjadi salah satu peluang bisnis menarik yang menjanjikan untung besar bagi pelakunya.
B.     Konsumen
Rata-rata penggemar berat makanan pedas adalah kalangan remaja atau anak muda. Anda bisa menjadikannya sebagai target pasar yang sangat potensial, dengan cara menawarkan beberapa level rasa pedas untuk memenuhi permintaan para konsumen.
C.     Info Bisnis
Saat ini berbagai macam merek keripik pedas bisa kita temukan di pasaran. Sebut saja keripik pedas Maicih, Kripik Setan, Keripik Jenglots, Kripik Goal, Keripik Mang Lada, dan masih banyak lagi merek keripik pedas lainnya yang bisa kita temukan di berbagai pelosok daerah. Rata-rata para produsen keripik pedas tersebut menawarkan tingkatan level pedas dari mulai level satu hingga level sepuluh, atau ada juga yang menawarkan level Dewa dan setengah Dewa untuk membedakan tingkat pedas yang ditawarkannya kepada para konsumen.
Nah, bagi Anda yang tertarik mengangkat keripik singkong pedas sebagai peluang usaha. Berikut ini kami informasikan beberapa hal yang perlu Anda siapkan, sebelum memulai usaha tersebut.
1.     Pertama-tama ketahui jenis singkong yang berkualitas bagus. Lebih baik Anda bekerjasama langsung dengan petani singkong yang ada di kota Anda, untuk mendapatkan harga beli yang lebih miring dan kualitasnya benar-benar terjamin.
2.     Persiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk memproduksi keripik singkong pedas. Misalnya saja seperti mesin pengiris singkong (slicer), mesin pengemas (sealer), alat penggorengan, plastik kemasan, dll.
3.     Tingkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda dalam mengolah keripik singkong. Pastikan keripik singkong yang Anda hasilkan memiliki tekstur yang renyah dan cita rasa pedasnya memberikan sensasi berbeda bagi lidah para konsumen.
4.     Memiliki strategi yang unik untuk mengemas keripik pedas dengan menarik. Selain cita rasanya yang lezat, kemasan produk menjadi salah satu daya tarik yang cukup kuat bagi para konsumen. Kemasan yang menarik akan membuat calon konsumen tertarik, hingga akhirnya mereka penasaran dan membeli produk keripik singkong pedas yang Anda tawarkan.
Kekurangan Bisnis
Kendala usaha yang biasanya ditemui para produsen keripik singkong pedas adalah sulitnya mendapatkan persediaan bahan baku singkong dan cabe yang benar-benar berkualitas bagus. Persediaannya yang kurang stabil membuat harga bahan baku tersebut cenderung naik turun, sehingga para pelaku usaha harus pintar-pintar menyiasatinya tanpa harus menaikan harga jual produk ke pasaran.
Selain itu, kendala berikutnya yaitu adanya persaingan pasar yang cukup ketat. Sekarang ini jumlah produsen keripik singkong pedas sudah cukup banyak di pasaran, sehingga para pelaku usaha dituntut untuk menghasilkan cita rasa yang lezat dan melengkapinya dengan kemasan yang bisa menarik perhatian konsumen.
BAB 2
A.   Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang perlu Anda lakukan yaitu membranding produk Anda sebagai salah satu keripik singkong dengan cita rasa yang super ekstra pedas. Dalam hal ini Anda bisa mencantumkan merek serta slogan tertentu yang bisa menyampaikan pesan pedas pada keripik tersebut kepada para konsumen. Dengan strategi tersebut, diharapkan bisa menimbulkan rasa penasaran bagi para konsumen, hingga pada akhirnya mereka mulai percaya untuk mencoba produk buatan Anda.
Selanjutnya untuk memperluas jangkauan pasar, Anda bisa membuka sistem keagenan baik secara offline maupun online bagi para distributor makanan yang tertarik memasarkan produk keripik singkong Anda. Cara ini terbilang efektif, karena selain tidak dibutuhkan tambahan biaya promosi, Anda mendapatkan bantuan dari para agen untuk meningkatkan omset penjualan setiap bulannya. Strategi promosi lainnya yang juga bisa Anda jalankan yaitu dengan cara mengikuti berbagai pameran UKM yang sering diadakan di sekitar daerah Anda. Melalui pameran, Anda bisa mengenalkan produk keripik singkong pedas kepada khalayak ramai, dan membuka peluang yang lebih besar untuk mengembangkan usaha tersebut.
Kunci Sukses
Dalam menjalankan bisnis keripik singkong pedas, yang terpenting adalah menjaga kualitas cita rasa pedas yang ditawarkan dan menjamin kerenyahan keripik yang dihasilkan. Kedua hal tersebut menjadi faktor penentu kualitas keripik singkong yang Anda tawarkan kepada para konsumen
BAB 3
Analisa Ekonomi

A.   Asumsi
       - Produksi skala rumah tangga
       - Dibantu oleh dua orang tenaga kerja

B.   Modal awal
Mesin pengiris singkong (Slicer)                                 Rp.    4.500.000
Mesin pengemas (Sealer)                                            Rp.       500.000
Peralatan menggoreng (wajan dan alat penirisnya)        Rp.       300.000
Kompor gas dan tabung 3 kg                                     Rp.       300.000  +
                                                  Total                         Rp.   5.600.000

C.   Peralatan mengalami penyusutan dengan rincian sebagai berikut :
- Mesin slicer : 1/60 x Rp 4.500.000,00                         Rp.   75.000,00/bln
- Mesin sealer : 1/36 x Rp 500.000,00                           Rp.   13.900,00/bln
- Penggorengan : 1/36 x Rp 300.000,00                        Rp.     8.400,00/bln
- Kompor gas : 1/36 x Rp 300.000,00                          Rp.     8.400,00/bln+
                                                  Total                       Rp. 105.700,00/bln 

D.   Biaya operasional per bulan
       1.  Belanja bahan baku per hari :
- Singkong (Rp 1.500,00/kg x 50 kg)                         Rp.   75.000,00
- Minyak goreng (Rp 13.000,00/kg x 20 kg)               Rp. 260.000,00
- Cabe                                                                     Rp. 250.000,00 +
                                              Total                        Rp. 585.000,00 

2.         Biaya belanja per bulan :
- Rp 585.000,00 x 30 hari                                         Rp.   17.550.000,00
- Plastik kemasan                                                     Rp.     1.500.000,00
- Gas 3 kg (Rp 17.500,00 x 15 tabung)                     Rp.        262.500,00
- Gaji pegawai (2 orang x Rp 800.000,00)                 Rp.     1.600.000,00
- Biaya transportasi                                                  Rp.     1.000.000,00
- Biaya penyusutan peralatan                                    Rp.        105.700,00+
                                              Total                        Rp. 22.018.200,00 
Omset penjualan per bulan
Rata-rata penjualan produk Rp 1.000.000,00/hari :
Rp 1.000.000,00 x 30 hari  =  Rp. 30.000.000,00 
Laba bersih per bulan
Rp 30.000.000,00 - Rp 22.018.200,00  =  Rp 7.981.800,00

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar